HOTEL : AMANUSA RESORT NUSA DUA
DEPARTEMENT : Food & Beverage Service
SEKSI : WAITER
OLEH :
NAMA : I MADE ARI SUGITANIM : 09109124
PROGRAM : CRUISE LINE
PROGRAM STUDY : WAITER
KELAS : D
SEMESTER : II (dua)
SEKOLAH PERHOTELAN BALI
2009/2010
KATA PENGANTAR
Puja dan puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat-Nya penulis dapat menyusun dan menyelesaikan laporan ini tepat pada waktunya.
Penulis menyusun laporan ini sebagai pertangungjawaban kepada pihak hotel yang menyangkut segala tugas dan tanggungjawab selama melaksanakan Praktek kerja nyata khususnya di F&B Department Amanusa Resorts Nusa Dua.
Adapun tujuan penulis menyusun laporan ini adalah untuk memberikan gambaran secara jelas tentang latar belakang, tujuan dan manfaat pelaksanaan Praktek Kerja Nyata, landasan teori mengenai pengertian hotel, restoran, tata hidangan, bar waiter/ss, gambaran umum mengenai Amanusa Resorts Nusa Dua.
Penyusun menyadari bahwa dalam penulisan laporan ini, penulis mendapat banyak bantuan serta dukungan dari berbagai pihak. Maka pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada :
- Seluruh staff Amanusa Resort Nusa Dua yang mendukung secara langsung maupun tidak langsung.
- Kedua orang tua saudara-saudara penulis yg turut berdoa dan membantu dalam penyusunan laporan.
- seluruh pihak yg turut membantu dalam penyusunan laporan dan pelaksanaan Praktek Kerja Nyata.
Penulis menyadari dalam penyusunan dan penulisan laporan ini masih banyak terdapat kekurangan dan jauh dari kesempurnaan, maka kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan demi kesempurnaan laporan ini.
Penulis berharap semoga laporan ini dapat memberikan manfaat kepada semua pihak yang memerlukan.
Denpasar, september 2010
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………………… i
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………………………….. iii
BAB I. PENDAHULUAN ………………………………………………………………………….. 1
- Latar Belakang …………………………………………………………………………… 1
- Tujuan dan Manfaat ……………………………………………………………………. 2
- Pengertian Hotel …………………………………………………………………………. 3
- Pengertian Restoran ……………………………………………………………………. 4
- Pengertian Tata Hidangan ……………………………………………………………. 5
- Definisi Restoran …………………………………………………………….. 6
- Jenis-jenis restoran ………………………………………………………….. 6
- Pengertian bar ……………………………………………………………………………. 9
- Definisi Bar …………………………………………………………………….. 9
- Jenis-jenis Bar …………………………………………………………………. 9
- Pengertian waiter/waitress …………………………………………………………… 11
- Gambara Umum …………………………………………………………………………. 12
- Sejarah Berdirinya Hotel …………………………………………………… 12
- Kepemilikan dan Lokasi Hotel …………………………………………… 14
- fasilitas yamg Dimiliki Hotel ……………………………………………. 15
- Struktur Organisasi Hotel …………………………………………………. 16
- Struktur Organisasi F&B Department ………………………………. 16
C. Hambatan dan Pemecahan ………………………………………………………….. 41
1. Hambatan ……………………………………………………………………….. 41
2. Pemecahan ……………………………………………………………………… 41
D . Kerjasama/iklim kerja ………………………………………………………………. 42
1. Tujuan Kerjasama …………………………………………………………… 42
BAB IV PENUTUP ………………………………………………………………………………… 43
- Kesimpulan …………………………………………………………………………….. 43
- Saran – saran …………………………………………………………………………… 44
- Saran untuk Pihak Hotel ………………………………………………… 44
- Saran untuk pihak Kampus……………………………………………….44
BAB I
PENDAHULUAN
- A. Latar Belakang Pelaksanaan Praktek kerja Nyata
Mengingat perkembangan pariwisata yang terjadi saat ini, sumber daya manusia yang terampil dan profesional sangat dibutuhkan untuk memenuhi permintaan pangsa pasar akan tenaga kerja yang terampil dan profesional dalam bidang pariwisata khususnya perhotelan.
Dengan mengetahui kegiatan kerja industri perhotelan yang dilaksanakan melalui program praktek kerja industri, mahasiswa dan mahasiswi nantinya diharapkan mampu melaksanakan kegiatan kerja industri di lapangan dengan sebaik – baiknya dan bertanggung jawab dengan berbekal ilmu dan pengalaman yang didapat selama program praktek kerja industri berlangsung
.
- B. Tujuan dan Manfaat Pelaksanaan Praktek Kerja Nyata
1. Tujuan
a) Menumbuhkan rasa percaya diri mahasiswa yang nantinya akan terjun langsung ke industri.
b) Membiasakan mahasiswa berdisiplin dan bertanggung jawab dalam melaksanakan suatu pekerjaan.
c) Untuk mengetahui situasi kerja yang sebenarnya.
2. Manfaat
a) Bagi Mahasiswa
- Menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa dalam bidang kepariwisataan.
- Meningkatkan ketrampilan dan profesionallisme kerja mahasiswa di dalam dunia kerja khususnya industri perhotelan.
b) Bagi hotel
- Mengcover pekerjaan dari staf hotel
- Memberikan images ke publik dari apa yang kita beri
c) Bagi Kampus
- laporan PKN yang telah di kumpul nantinya dapat di pelajari adik-adik kelas yang selanjutnya
- Kampus akan dapat meluluskan mahasiswa yang terampil karena sudah melaksanakan paraktek kerja nyata
- Setidaknya dapat menambah images baik kampus
BAB II
LANDASAN TEORI
A. Pengertian Hotel
Istilah – istilah pariwisata yang pada hakekatnya perlu diketahui dan maknanya terutama bagi mereka yang bekerja di industri pariwisata khususnya di bidang perhotelan. Kata hotel digunakan sejak abad 18 di London, Inggris sebagai Hotel Garni yaitu sebuah rumah besar yang dilengkapi dengan sarana tempat menginap/tinggal untuk penyewa secara harian, mingguan, bulanan.
Dilihat dari asal katanya “hotel” berasal dari kata latin, yaitu “hospitium” artinya ruang tamu yang berada dalam monastery. Kata hospitium dipadukan dengan kata “hospes” dari bahasa Prancis, menjadi “hospice”. Dalam perkembangannya kata hospice berubah menjadi “hostel” lambat laun huruf “s” pada kata hostel dihilangkan menjadi “hotel”. Hotel mulai diperkenalkan pada masyarakat umum sekitar tahun 1797. Setelah kemudian istilah hotel digunakan di Inggris sebagai rumah – rumah penginapan bagi orang yang bepergian disebut “inn” dalam terminology (ilmu mengenai definisi dan istilah) resmi tidak ada perbedaan definisi antara hotel dan inn.
Pengertian hotel menurut Hotel Proprietors Acc, 1956 adalah suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan dan minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang – orang yang sedang melakukan perjalanaan dan mampu membayar dengan jumlah wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus. Sedangkan menurut Aan surachman Dimyati, SH (1989, 31), hotel merupakan sebuah bentuk akomodasi yang dibangun dan dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh makan dan minum serta pelayanan lainnya.
Sejalan dengan pendapat di atas, di dalam buku managing front Office Operations dari AHMA (American Hotel & Motel Association) yang ditulis oleh Charter E. Steadmon dan Micheal L. Kasarana diseut bahwa hotel adalah sebuah bangunan yang dikelola secara komersial dengan memberikan fasilitas penginapan umum dengan fasilitas pelayanan seperti pelayanan makanan dan minuman, pelayanan kamar, pelayanan barang bawaan, pencucian pakaian dan dapat menggunakan fasilitas peralatan dan menikmati hiasan – hiasan do dalamnya .
Dari pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hotel adalah suatu jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bangunan yang ada dan menggunakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa penumpang lainnya yang disediakan bagi umum serta dikelola secara komersial.
B. Pengertian Restoran
Restoran merupakan jenis usaha komersial yang kegiatannya menyediakan jasa pelayanan makan dan minum bagi umum dan dikelola secara profesional.
Pelayanan yang terbaik di sebuah retoran akan menimbulkansuatu kepuasan terhadap tamu dalam hal pelayanan makanan dan minuman. Dengan semakin berkembangnya dunia kepariwisataan peran restoran tidak dapat dipisahkan dan mutlak harus terpenuhi kepada wisatawan. Kebutuhan makan dan minum dimnapun dan kapanpun mereka berwisata. Untuk menjawab permasalahan wisatawan ini salahsatu alternatif yang dikemukakan yaitu dengan menyediakan tempat makan dan minum yaitu restoran. Restaurant berasal dari kata restaurer yang artinya memulihkan. Restoran adalah salah satu jenis usaha pangan yang bertempat di sebagian atau seluruh bangunan yang permanent, dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan untuk proses pembuatan, penyimpanan, dan memenuhi ketentuan – ketentuan persyaratan.
C. Pengertian Tata Hidangan
Tata hidangan merupakan salah satu kegiatan pokok yang memberikan pelayanan makanan dan minuman kepada para tamu.
Tata hidangan tidak asing lagi kita dengar khususnya di daerah pariwisata. Secara umum, yang dimaksud tata hidangan adalah sesuatu yang di inginkan, baik berupa makanan dan minuman yang di tata dan dihias sehingga kelihatan menarik. Jadi, tata hidangan itu menata, menghias, dan menghidangkan makanan dan minuman, baik di rumah atau di luar rumah (restaurant, bar, dan sebagainya).
Dalam dunia perhotelan tata hidangan ditangani oleh departemen khusus yaitu Food & Beverage Department yaitu suatu departmen yang ruang lingkupnya cukup luas yang bertnggung jawab atau suply, produksi, serta menghidangkan makanan dan minuman. Tata hidangan disini ditangani oleh Food & Beverage service section. Jadi, tata hidangan di sebuah hotel adalah suatu ilmu yang dipelajari dan diterapkan untuk menata, menghias, serta bagaimana menyajikan manakan dan minuman dari awal hingga akhir menu menikmati makanan. Dengan prosedur atau standar yang diterapkan manajemen hotel bersangkutan untuk mencapai tujuan keuntungan secara wajar secara objective dan efesien.
C.1. Definisi Restaurant
Menurut Prok Vance Khristian tahun 2000, restauran adalah suatu tempat atau bangunan yang diorganisasikan secara komersial, yang menyelenggarakan pelayanan dengan baik kepada semua tamunya baik berupa makanan maupun minuman.
Menurut Marsum, WA (1991:7) menyatakan bahwa : “restoran adalah suatu tempat atau bangunan yang diorganisasikan secara komersial, yang menyelenggarakan pelayanan dengan baik kepada semua tamunya baik berupa makanan maupun minuman”. Sedangkan menurut Agus Nawar (2000:15) menyebutkan bahwa : “pada dasarnya restoran adalah bagian dari suatu hotel yang ruang lingkup kegiatannya menyediakan hidangan makanan dan minuman untuk para tamu yang menginap dan untuk makan dan minum”. Jadi, dari pengertian tersebut secara umum yang dimaksud dengan restoran adalah suatu bangunan yang dikelola secara komersial yang menyediakan layanan makanan dan minuman.
C.2. Jenis – jenis Restaurant
Jenis – jenis restauran dibagi menjadi 3 bagian diantaranya:
v Restaurant formal adalah industri jasa pelayanan makanan dan minuman yang dikelola secara komersial dan profesional dengan pelayanan yang ekslusif.
Formal restaurant dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :
- Main restaurant (dining room) yang mempunyai ciri – ciri :
- Location in hotel
- Resident guest to be served
- Good quality of equipment and services
- Open breakfast, lunch, or dinner
- Closed around midnight
- Entertaiment : Band, Orchestra during meal hours
- A’la carte or table d’hote Menu
- Good decoratiaon and atmosphere
- Location in luxury hotel
- Non resident guest, large turn over of customer
- Menu fish, chicken, steak grills on open ranges short slection on first course and relaxed
- Atmosphere is pleasant and relaxed
- Entertaimant : piano, players and viiolinist
- Open lunch time : 12am – 3pm
- Open dinner time : 7pm – 1am
- Guest : formal dress (coat and tie for gentleman and long dress for lady
- Open : lunch and dinner
- A’la carte menu, high price
- High qualified personal/high skill
- Entertaimant : band, dance floor
- Efficient service and delicious food
v Restaurant non-formal adalah industri jasa pelayanan makanan dan minuman yang dikelola secara komersial dan profesional dengan lebih mengutamakan kecepatan pelayanan, kepraktisan dan percepatan frekuensi yang silih berganti pelanggan.
Non – formal restaurant dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :
- Coffee Shop yang mempunyai ciri – ciri :
- Location in hotel or outside hotel
- Table service restaurant
- Menu light meal (easy preparation)
- Fast, quick and simple service
- Low experience of personal
- Open 24 hours a day in hotel
- Cafe / Cafetaria yang mempunyai ciri – ciri :
- Location : in hotel, hospital, school, office, etc
- Easy preparation of menu (large turn over)
- Fast food service
- Interior / decoration authentic and typical carring the name restaurant
- Special dishes from the country
- Special characters
- Speciality Restaurant yang mempunyai ciri – ciri :
D. Pengertian Bar
D. 1 Definisi Bar
Di negara – negara maju seperti Eropa maupun Amerika bar digunakan sebagai tempat untuk melepas lelah setelah menyelesaikan pekerjaan dikantor sambil menikmati minuman, ngobrol dengan teman, bersuka ria dan sekaligus sebagai tempat untuk mendapatkan teman baru. Bar merupakan tempat dimna kita bisa membeli dan menikmati minuman. Di samping hanya menjual minuman, kadang – kadang bar juga menyediakan makanan khususnya makanan ringan atau snack.
PP No. 24 1979 menyebutkan bahwa bar adalah usaha komersial yang ruang lingkup kegiatannya menghidangkan minuman, baik minuman yang mengandung alkohol maupun tidak, untuk umum di tempat usahanya.
D. 2 Jenis – jenis Bar
Bar dapat dibedakan menjadi 2 yaitu : (1) Plublic Bar atau Front Bar (2) service bar atau dispense bar.
1. Public Bar atau Front Bar
Public bar sesuai dengan namanya, adalah bar untuk umum, siapa saja boleh datang ke bar ini. Public bar bisa berlokasi di luar hotel, berdiri sendiri dan tidak menjadi bagian dari pada hotel. Para pembeli minuman atau tamu dapat secara langsung dilayani oleh petugas bar.
Ada banyak contoh – contoh dari public bar seperti :
- Cocktail Bar
- Hight Club
- Snack Bar
- Sunken Bar
2. Service Bar atau Dispense Bar
Fungsi dari pad a service Bar atau Dispense Bar adalah untuk menyediakan minuman yang dipesan oleh para tamu di hotel baik yang ingin menikmati minumannya di restaurant atau dikamar. Jadi, bar ini tidak diperuntukkan bagi umum, tapi diperuntukan hanya bagi tamu yang tinggal di hotel. Minuman dipesan oleh para tamu melalui para waiter, baik restaurant waiter maupun room service waiter. Petugas bar hanya menyediakan minuman sesuai pesanan dari waiter tersebut, kemudia para waiter itulah yang akan menghidangkannya baik di restaurant maupun di kamar. Dengan demikian, petugas bar tidak bisa melayani para tamu ataupun pemesan minuman secara langsung. Lokasi dari pada service bar (dispense bar) berada pada area food & beverage service, di antara Restaurant, Bar, dan Room Service untuk memudahkan dan mempercepat pelayanan.
E. Pengertian Waiter/ waitress
Waiter / waitress terkenal dengan sebutan “steward atau commis de rang”. Menurut Mersum WA (1991 : 90) menyebutkan bahwa : “pramusaji adalah karyawan atau karyawati dalam sebuah sertaurant yang bertugas menunggu tamu – tamu, membuat tamu – tamu merasa mendapat sambutan dengan baik dan nyaman, mengambil pesanan makanan dan miuaman serta menyajikan, serta membersihkan restaurant dan lingkungannya serta mempersiapkan meja untuk tamu berikutnya.
Jadi , dari pengertian di atas secara umum yang dimaksud pramusaji atau waiter/waitress adalah orang yang bertanggung jawab penuh dalam hal memberikan pelayanan makanan dan minuman terhadap tamu secara professional.
BAB III
PELAKSANAAN
- A. Gambaran Umum
Amanresorts di bawah kepemilikan bapak Adrian Zecha pertama kali mendirikan Amanpuri yang berlokasi di Phuket Thailand, Amanpuri sebagai hotel pertama dari Amanresorts resmi di buka pada tanggal 1 januari 1988 dengan kapasitas 70 kamar.
Mengikuti kesuksesan dari pembangunan dari Amanpuri Amanresort yang di bawah kepemimpinan dari Bapak Adrian Zecha Mulai mendirikan beberapa resorts yang berlokasi di sejumlah negara negara seperti :
- Amankora ( Bhutan )
- Amansara ( Cambodia )
- Aman at Summer Place ( China )
- Amanfayun ( China)
- Le Melezin ( France )
- Aman New Delhi ( India )
- Amanbagh ( India )
- Aman I-Khas ( India )
- Amandari ( Indonesia )
- Amankila ( Indonesia )
- Amanusa ( Indonesia )
- Amanwana ( Indonesia )
- Amanjiwo ( Indonesia )
- Amantaka ( Laos)
- Aman sveti Stefan ( Montenegro )
- Amanjena (Maroco )
- Amanpullo ( Philliphines )
- Amangalla ( Srilanka )
- Amanwella ( Srilanka )
- Amanpuri (Thailand)
- Amanyara ( Turkie)
- Amanghani (USA)
- Amangiri ( USA)
Resort pertama yang di bangun di Indonesia yaitu Amandari yang berlokasi di jalan kedewatan ubud, bali, selanjutnya di bangun Amankila yang berlokasi di Jalan manggis Karangasem bali, setelah sukses dengan dua resort di atas baru dibangunlah Amanusa resort yang berlokasi di bukit peninsula kawasan pariwisata nusa dua bali, dan 2 buah resorts lagi yang masing-masing berlokasi di luar bali yaitu Amanwana di Sumbawa dan Amanjiwo di jawa.
A.2 KEPEMILIKAN DAN LOKASI HOTEL
Amanusa resorts di bangun dibali di prakarsai oleh Bapak Adrian Zecha juga di bawah kepemilikan beliau amanusa resort di arsiteki oleh arsitek asal singapura yaitu kerry hill.
Amanusa resort nuasa dua bali berlokasi di bukit peninsula kawasan pariwisata nusa dua bali.
Amanusa
P0 Box 33, Nusa Dua
Bali 80363 – Indonesia
Phone (62 361 ) 772 333 Fax. ( 62 361 )772 335
Amanusa@amanresorts.com
reservations@amanusa.com
www.amanusa.com
A.3 Fasilitas yang di Miliki Hotel
Amanusa resort memiliki beberapa fasilitas yang di miliki hotel bintang lima lainnya antara lain :
- Memiliki total 35 Suites
- Garden Suites ( 7 )
- Deluxe Suites ( 19 )
- Pool Suites ( 8 )
- The Amanusa Suites ( 1)
- Restaurants :
- 1 Swimming Pool/Main pool
- 1 Ballroom
- Spa Room dan Fitness center
- 1 Clinic
- 1 Store
- Terrace Restaurant
- Italian Restaurant
- Bar
- Beach Club
Amanusa resorts juga memiliki beberapa fasilitas olahraga yang dapat di nikmati oleh para tamu, fasilitas olahraga tersebut dapat di bagi menjadi 2 bagian antara lain :
1. Olahraga Darat :
- Volley pantai
- Tenis
- Kayakking
- Snorkeling
Organization Chart (struktur organisasi) adalah struktur bagan yang menggambarkan kedudukan, tugas dan tanggungjawab pekerja/karyawan hotel. Besar kecilnya suatu struktur organisasi, bergantung pada hotel yang dikelola oleh manajemen hotel tersebut.
Agar dapat tercapainya struktur organisasi yang baik, maka perlu adanya hubungan yang harmonis antara atasan dengan bawahannya itu sendiri sehingga terciptalah suasana yang nyaman sesuai dengan prosedur (sasaran) dari hotel tersebut.
A.5. Struktur Organisasi Food & Beverage Departement
Food & Beverage Departement adalah salah satu department yang merupakan bagian dari sebuah Hotel yang memiliki tugas dan bertanggung jawab dalam proses persiapan, penyediaan, pembuatan, pengolahan serta penyajian makanan dan minuman kepada tamu baik yang menginap di hotel maupun yang tidak menginap di hotel.
Adapaun pembagiannya dapat dibagi 2 yaitu :
- F & B Service salah satu bagian dari F & B Departemen yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam merencanakan, menyiapkan, serta menghidangkan makanan dan minuman kepada tamu.
- F & B Production adalah satu bagian dari F & B Departement yang bertugas dan bertanggung jawab dalam merencanakan, menyiapkan, dan mengolah makanan
Pada saat melaksanakan praktek kerja selama 3 bulan di F&B Departemen, penulis diberikan kesempatan untuk membantu senior disamping juga belajar memahami menu-menu yang ada di Amanusa. Pembagian tugas dan tanggung jawab di outlet-outlet yang telah diberikan selama penulis melaksanakan program praktek kerja lapangan meliputi :
1. TERRACE RESTORAN
Merupakan restoran utama yang ada di amanusa resort yang melayani breakfast setiap pagi, selain itu Terrace restoran juga melayani Lunch dan Dinner, secara alacarte dengan pilihan menu makanan Indonesian, Western dan Thai terrace restoran juga melayani private dinner disetiap kamar bila ada tamu yang melakukan order.
Restoran ini di buka dari jam 7.30 pagi sampai pukul 11.00 malam, Terrace restorant memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 55 tempat duduk.
1. Terrace Indonesian Breakfast
- Nasi Goreng Or Mie Goreng
- Bubur Ayam
2. Healthy Breakfast
- Egg White Omelette
- Oatmeal Porridge
- Low fat Muesli
- Soy Milk Smoothie
- Cleansing Juice
- Healthy Juice
3. Fruit, Cereal, Yoghurt
- Bircher muslie
- Toasted Muslie
- Tropical Fruit Plate
- Fruit Salad
- Selection Of Cereal
- 4. Eggs
- Amanusa Breakfast
- Eggs Anystyle
- Eggs Benedict
- Baked Eggs
- Bacon & Egg Burger
- Croque Madame
- Pancakes
1. Terrace Indonesian Menu
STARTERS
- Gado-Gado,
- Rujak Manis
- Selada Ayam Salak
- Martabak Daging
- Udang Kelapa Selada
SOUPS
- Kuah Bayem Tomat
- Soto Ayam
MAINS
- Ikan Bakar,
- Tim Ikan
- Isi Laut Pedas
- Gulai Ayam
- Nyatnyat Celeng
- Bebek Betutu
- Rendang
2. Terrace Thai Menu
STARTERS
- Miang Som o
- Larb Gai
- Nua Nam Tok
- Yam Som O Pou Nim
- Phla Talay
SOUPS
- Tom Kha Gai
- Tom Yam Goong
MAINS
- Goong Pad Nam Prik Pao
- Gang Leung Pla Bai Chapu
- Pla Neung Se-Ew
- Gai Pad Kee Mao
- Gang Ped Bhed Yang
- Gang Kuah Moo Sai Nor Mai
- Gang Massaman Nua
3. Terrace Western Menu
- Gazpacho Soup
- Hummus
- Vegetables Salad
- Amanusa Salad
- Rocket Salad
- Smoked Chicken Salad
- Spaghetti
- Yellow Fine Tuna Steak
- Margherita Pizza
- Pepperoni Pizza
- Beef Burger
- Steak Frites
Dessert Menu
- Mango Pannacotta
- Chocolate Mud Pie
- Sorbet And Gelato
- Fruit Plate
- Es Teler
Coffee
- De –caffeinated coffee
- Espresso, long black
- Bali coffee
- Cappuccino, café latte
- Early grey, English breakfast,
Di Terrace Restoran terdiri dari 3 shift antara lain
1. Morning Shift (07.30 am – 03.00 pm) kegiatannya sebagai berikut
- Mempersiapkan segala peralatan untuk breakfast
- Set up coutleries beserta complimennya
- Napkin folding
- Menyambut kedatangan tamu dan mempersilahkannya duduk
- Memberikan teh atau kopi kepada tamu
- Mengambil order tamu untuk breakfast
- Membersihkan meja yang telah diduduki tamu untuk sarapan mereka
- Membawa piring dan cutleries yang kotor ke steward
- Istirahat selama 1 jam
- Polishing cup, saucer, juice glass, dan cutleries untuk persiapan besok
- Menyambut kedatangan tamu dan mempersilahkan duduk
- Memberikan food menu dan mentaking order
- Membawakan pesanan tamu
- Membersihkan meja tamu yang telah selesai makan
- Membawa piring dan cutleris yang kotor ke steward
- Istirahat 1 jam
- Polishing segala cutleris, cup, saucer dan glass
- Menyambut kedatangan tamu
- Mempersilakan tamu duduk
- Memberikan tamu menu dan mengambil pesanan tamu
- Memberikan makanan atau minuman sesuai dengan pesanan tamu
- Membersihkan meja tamu yang telah selesai makan
- Membawa piring dan cutleris yang kotor ke steward
- Istirahat 1 jam
- Polishing segala cutleris, cup, saucer dan glass untuk persiapan besok.
- Melakukan closing
2. ITALIAN RESTAURAN
Italian restaurant adalah sebuah restaurant yang ruangan di desain menyerupai Italian desain, selain itu sesuai dengan namanya Italian restaurant, restaurant ini menyajikan menu masakan khas yang biasa di hidangkan di Negara Italia, Italian restaurant tidak melayani breakfast atupun lunch, Italian restaurant hanya melayani dinner saja, Italian restaurant mempunyai kapasitas tempat duduk tidak lebih dari 20 tempat duduk.
Restaurant ini buka dari jam (03.00pm-11.00pm)
Italian menu
Gili antipasti
- Antipasto
- Minestrone alla gerovese
- Crema di mais con aragosta
- Carpaccio di manzo
Le Paste
- Spaghetti alle vongole
- Pappardelle alla Bolognese
- Cappelini napoli
- Agnoloti al pecrono con asparagi
- Gnocchi al capriollo
- Risotto al fungi
1 Pesci
- Filleto di pesce all`acqua pazza
- Aragosta al forno con burro al pernod
- Frutti di mare en pappilote
Le Carni
- Tagliatta di manzoo wagyu
- Osso buco alla Milanese
Contorni
- Insalata mista
- Asparagi alla griglia
- Potate novele al forno
- Cavolfiori gratinati
Dolce
- Afogato
- Cannoli
- Semifreddo
- Tiramisu
- Sorbetti
- Gelati
- Formaggio
Karena italian restaurant hanya melayani dinner, di Italian restaurant terdiri dari 1 shift (03.00pm – 11.00pm) kegitanya adalah sebagai berikut :
- Menyiapkan segala sesuatu untuk men set up meja dinner
- Mempolish cutlery dan mensetup cutlery beserta complimennya
- Menyambut kedatangan tamu
- Memberikan menu dan mentaking order
- Membawakan pesanan tamu
- Membersihkan meja tamu yang sudah selesai dinner
- Membawa cutlery dan piring kotor ke steward
- Istirahat 1 jam
- Mempolish cutlery untuk persiapan besok
- Melakukan closing
- 3. BEACH CLUB
Di beach club melayani breakfast dan lunch juga melayani dinner bila ada order untuk dinner di beach dari tamu. beach club buka dari pukul (07.00am-07.00pm) dan bisa berlanjut sampai jam 11.00pm bila ada BBQ dinner.
AMANUSA BEACH CLUB MENU
- Hummus
- Crispy Squid
- Greek salad
- Tea smoked salmon salad
- Chicken Caesar salad
- Sashimi ( subject to available)
- Margherita pizza
- Pepperoni Pizza
- Burgers
Blue cheese – beef burger with blue cheese tomato lettuce and French fries
- Club sandwich
- Rujak manis
- Ikan rica-rica
- Nasi goring or mie goring
SWEET
- Mango Pannacotta
- Chocolate Mud Pie
- Sorbet And Gelato
- Fruit Plate
- Es Teler
BAVERAGES
Classic Cocktail
- Margarita, Dry Martini, Daiquiri, Bloody Mary, Mohito and Others
- Tom yam, spiced gin, tonic, lemongrass, lime juice, syrup
- Arak madu, arak, lime, honey, and ginger
- Thai martini, lemongrass, infused vodka, dry vermouth Thai basil and lychees
- Bali breeze, gin, midori, banana liqueur, orange pineapple juice
- Smoothies, mango, banana, or strawberry
- Iced chrysanthemum tea
- Iced cappuccino shakes
- Es kuud ,fresh young coconut
- Old fashioned lemonade with mint
- Ginger beer Made with amanusa recipe
- De –caffeinated coffee
- Espresso, long black
- Bali coffee
- Cappuccino, café latte
- Early grey, English breakfast,
Adapun kegiatan penulis saat training di beach club antara lain sebagai berikut :
- Menset up bale
- Menyiapkan segala sesuatu untuk mensetup bale dan meja makan
- Mensetup meja makan
- Menyambut kedatangan tamu
- Mempersilakan tamu duduk dan mengambil pesanan tamu
- Mengambil pesanan tamu di kitchen
- Membersihkan meja tamu yang telah selesai makan
- Membawa piring dan cutlery kotor ke steward
4. ROOM SERVICE
Room service merupakan salah satu bagian dari F&B Departemen yang bertugas dan bertanggung jawab menerima pesanana dan melayani tamu dalam menyajikan makanan dan minuman di kamar tamu atau di luar kamar tamu selain di Bar dan di Restaurant. Room service buka selama 24 jam non stop. Room service juga bertanggung jawab dalam pengiriman buah ke kamar tamu.
Di amanusa counter/outlet room service menjadi satu dengan terrace restaurant jadi menu-menu makanan untuk breakfast, lunch ataupun dinner tidak jauh beda dengan menu di terrace restaurant.
Beberapa pilihan menu breakfast untuk room service :
1. Indonesian breakfast
- Nasi Goreng Or Mie Goreng
- Bubur Ayam
2. Healthy Breakfast
- Egg White Omelette
- Oatmeal Porridge
- Low fat Muesli
- Soy Milk Smoothie
- Cleansing Juice
- Healthy Juice
3. Fruit, Cereal, Yoghurt
- Bircher muslie
- Toasted Muslie
- Tropical Fruit Plate
- Fruit Salad
- Selection Of Cereal
4. Eggs
- Amanusa Breakfast
- Eggs Anystyle
- Eggs Benedict
- Baked Eggs
- Bacon & Egg Burger
- Croque Madame
- Pancakes
Adapun kegiatan di Room Service:
- Membersihkan room service office
- Folding napkin
- Polish cutleries
- Set-up cutleries di atas tray
- Menerima pesanan tamu lewat telpon
- Mengambil makanan ke kitchen untuk dibawa ke kamar tamu
- Clear up di depan kamar tamu atau pantry
Penulis tidak dapat melaksanakan praktek kerja di outlet ini, semua hal yang penulis tulis tentang outlet Room service penulis peroleh dari hasil bertanya pada staf-staf hotel yang bekerja di outlet tersebut dan sesekali penulis mengobservasi outlet tersebut.
5. BAR
Bar adalah sebuah outlet yang melayani berbagai jenis minuman beralkohol ataupun tidak beralkohol, di amanusa bar memiliki kapasitas tempat duduk tidak lebih dari 10 tempat duduk,
Beberapa jenis minuman yang ada di amanusa bar :
Classic Cocktail
- Margarita,
- Dry Martini,
- Daiquiri,
- Bloody Mary,
- Mohito and Others
- Tom yam,
- Arak madu,
- Thai martini,
- Bali breeze,
- Bali becik
- Beer
Adapun kegiatan di bar adalah :
Morning shift:
- Memasang minuman untuk display
- Mengambil es
- Mempersiapkan semua peralatan yang berhubungan dengan bar
- Mengambil requisition ke F & B Store
- Membuat garnish
- Membelah buah untuk persiapan membuat juice
- Mengambil es
- Refill alcohol atau spirit
- Cuci gelas kemudian di polish
- Mengambil makanan ke kitchen
- C. Hambatan dan Pemecahan
- 1. Hambatan
1) Masih banyaknya peralatan, jenis makanan, dan jenis minuman yang belum diketahui oleh penulis karena singkatnya teori yang didapat di kampus.
2) Adanya perbedaan kecil pada standard operating procedur (SOP)
3) Kurangnya kerjasama antara senior dengan training
4) Penulis hanya di tempatkan di satu outlet, dan tidak di rolling ke oulet lain.
- 2. Pemecahan
2) Perlu disadari bahwa setiap hotel memiliki standard operating procedure yang berbeda dalam pelayanannya.
3) Perlu disadari didalam pencapaian suatu tujuan perlu memiliki rasa kebersamaan antara senior dengan para trainingnya.
4) Penulis harus banyak bertanya pada senior-senior di outlet lain untuk dapat mengetahui menu-menu makanan yang ada di outlet lain dan kegiatan-kegiatan di outlet tersebut.
- D. Kerjasama / Iklim Kerja
- 1. Tujuan kerjasama
BAB IV
PENUTUP
- A. Kesimpulan
- Peranan industri perhotelan sangat penting dalam meningkatkan mutu untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di bidang perhotelan dan pariwisata karena industri perhotelan dapat memberikan banyak kesempatan pada trainingnya untuk lebih banyak mengetahui kenyataan dalam mempraktekkan ilmu yang telah diperoleh di lembaga pendidikan.
- Dengan diterapkan job Description pada setiap outlet section, maka semua aktivitas kerja dapat berjalan dengan lancar.
- Kemampuan berbahasa merupkan penunjang utama dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada tamu.
- Teori dan praktek yang didapat di kampus mempunyai perbedaan dengan apa yang dilaksanakan di hotel.
- B. Saran – Saran
B.1. Kepada Pihak Hotel
- Sebaiknya para training diberikan kepercayaan yang lebih besar agar mereka lebih percaya diri dalam memberikan pelayanan kepada tamu.
- penulis minta agar para training di amanusa resort nusa dua, agar pada saat melaksanakan training tidak di tempatkan di satu outlet saja, perlu di rolling ke outlet lain agar dapat menambah pengetahuan para trainee.
- Bilamana pada setiap periode, training dipilih salah satu yang terbaik ( training of the month ) agar menjadi motivasi tersendiri bagi para training agar berusaha menjadi yang terbaik.
- agar para mahasiswa di berikan lebih banyak lagi pelajaran yang mengajarkan bagaimana situasi kerja di industri perhotelan.
- setelah mahasiswa selesai melakukan PKN dapat di salurkan ke tempat-tempat kerja yang baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar